Kamis, 02 Januari 2014

metabolisme air pada unggas

METABOLISME AIR PADA UNGGAS
Menurut Agustina dan Purwanti (2012) bahwa air berguna untuk mengatur kecernaan pakan, mengatur kestabilan suhu, membantu pembuangan kotoran dan metabolisme, menjaga kesehatan, dan pengangkutan zat – zat gizi dalam tubuh. Kandungan air di dalam tubuh ± 80 %, sehingga kekurangan air sangat berpengaruh dalam tubuh ternak. Air yang disediakan untuk minuman ternak harus segar, bersih dan tidak beracun.
Menurut Irwan (2011), bahwa air adalah komponen penting dan terbesar dalam tubuh hewan. Air sangat dibutuhkan dalam berbagai fungsi biologis dan metabolisme tubuh seperti pengaturan suhu tubuh, membantu proses pencernaan, pengaturan tekanan osmose darah, transport nutrient, hormone dan zat lain yang di perlukan tubuh, pertumbuhan fetus, dan produksi susu. Kebutuhan akan air pada hewan ternak bahkan lebih penting dibandingkan dengan kebutuhan makan.
Menurut Raffly (2008) kebutuhan air  pada masing-masing hewan sangat bervariasi tergantung oleh berbagai faktor seperti:
1.      Jenis dan ukuran tubuh hewan
2.      Status fisiologis hewan 
3.      Tingkat aktifitas ternak
4.      Jenis dan kualitas pakan
5.      Kualitas air, rasa dan salinitas air
6.      Jarak dan ukuran tempat air minum
7.      Temperature air dan temperature udara
Hewan kelaparan dapat kehilangan semua glikogen, lemak dan setengah protein tubuh dan 40% berat badan masih dapat tetap hidup. Jika kehilangan air 10%  akan terjadi gangguan berat badan dan apabila kekurangan 20% dapat mengakibatkan kematian (Agustina dan Purwanti, 2012).
Kandungan air pada anak ayam umur 1 minggu sekitar 85% dan ayam dewasa umur 42 minggu sekitar 55% Sedangkan kandunagan air pada telur ayam  adalah 65%. Terlalu banyak konsumsi air menunjukkan ayam kesulitan memelihara suhu tubuh akibatnya stres yang dapat menyebabkan diare. Pemberian air dengan paksa akibatnya penurunan konsumsi dan pertumbuhan berat badan pada ayam / itik (Frista, 2012).

Kebutuhan air pada ayam yang sedang berproduksi dapat dilihat pada tabel berikut (Irwan, 2011) :
Produksi telur/tahun                Air yang dikonsumsi (kg)
179                                                                  59,1
216                                                                  70,4
230                                                                  77,7
243                                                                  80,9
Air yg diambil tubuh dapat hilang karena ekskresi melalui usus, ekskresi melalui ginjal, pernafasan dan melalui penguapan (Raffly, 2008).

Kesimpulan
Dari berbagai pendapat ahli mengenai metabolisme air di atas, dapat disimpulkan bahwa menurut saya air sangat dibutuhkan dalam berbagai fungsi biologis dan metabolisme tubuh seperti pengaturan suhu tubuh, membantu proses pencernaan, pertumbuhan fetus, mengatur kestabilan suhu, membantu pembuangan kotoran dan metabolisme, pengaturan tekanan osmosis darah, transport nutrient, hormone dan zat lain yang di perlukan tubuh. Kandungan air di dalam tubuh unggas ± 80 % dan air yang disediakan untuk minuman ternak harus segar, bersih dan tidak beracun. Kebutuhan akan air pada ternak lebih penting dibandingkan dengan kebutuhan makan. Air yg diambil tubuh dapat hilang karena ekskresi melalui usus, ekskresi melalui ginjal, pernafasan dan melalui penguapan.


DAFTAR PUSTAKA
Agustina dan Purwanti. 2012. Ilmu Nutrisi Unggas. Rumah Pengetahuan. Solo.

Farista, E. 2012. Zat – Zat Makanan Yang Penting Bagi Unggas. http: //  etikafarista. blogspot. com/2012/12/zat-zat-makanan-yang-penting- bagi-unggas.html. Diakses pada tanggal 18 April 2013.

Irwan. 2011. Peran Air Bagi Hewan. http://irwansipetualang.blogspot.com/2011/10/makalah-peran-air-bagi-hewan.html. Diakses pada tanggal 18 April 2013.

Raffly. 2008. Kebutuhan Air Pada Ternak Non Ruminansia. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Tugas Individu
Mata Kuliah : Ransum Unggas / Non Ruminansia
Dosen              : Ir. Anie Asriany



METABOLISME AIR
PADA TERNAK UNGGAS



OLEH:
SYAHRIANA SABIL
NIM I111 11 273
KELAS  GANJIL



Logo UNHAS



FAKULTAS PETERNAKAN
UNIVERSITAS HASANUDDIN
MAKASSAR
2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar